Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux

 

Banyak sekali aplikasi-aplikasi di Playstore yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan aplikasi di android, seperti AppLock, Hide App, bahkan aplikasi launcher seperti  Apex Luncher juga bisa digunakan untuk menyembunyikan aplikasi pada android kita.

Namun aplikasi-aplikasi tersebut telah banyak diketahui fungsinya sehingga orang yang meminjam dan mengetahui bahwa di smartphone kita ada aplikasi-aplikasi tersebut, mereka pasti akan curiga, "wah, pasti ada yang di sembunyiin nih!", beda halnya jika yang mereka lihat adalah aplikasi Termux.

Aplikasi TermuxAplikasi TermuxAplikasi Termux

Aplikasi Termux sendiri merupakan aplikasi terminal linux yang mana fungsinya kurang lebih sama dengan Terminal linux yang ada pada komputer, namun di khususkan untuk perangkat android. 

Namun siapa yang sangka bahwa aplikasi Termux ternyata juga bisa digunakan utnuk menyembunyikan aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone kesayangan kita ?

Ya. sesuai dengan judul postingan saya kali ini, kita akan membahas bagaimana Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux. Bagaimana caranya ? Skuy kita lanjut ke tutorialnya!

Sebelumnya, perlu kita ketahui bahwa cara ini hanya bekerja untuk perangkat yang telah di root. jadi untuk perangkat kalian yang belum root, belum bisa mengikuti tutorial ini, atau bisa kalian root terlebih dahulu sebelum mengikuti tutorial Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux kali ini.

Baiklah, berikut ini adalah langkah-langkah untuk Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux.

1. Buka aplikasi Termux

Jika kalian belum memasang aplikasi Termux, silahkan kalian install terlebih dahulu aplikasi Termux di Playstore. jika sudah, silahkan kalian buka aplikasinya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Membuka aplikasi Termux

2. Install Paket Termux

Paket yang di perlukan untuk tutorial ini adalah tsu. Cara mengisntallnya adalah dengan mengetikkan kode pkg install tsu. silahkan teman-teman tulis di aplikasi Termux lalu tekan enter. Paket ini digunakan Termux untuk mengakses root pada perangkat kita.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Menginstall paket tsu pada Termux  

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Memberikan akses root pada aplikasi Termux


Setelah itu, kita berikan akses root ke aplikasi  termux dengan cara mengetikkan perintah tsu seperti gambar di atas.

3. Menyembunyikan Aplikasi

Setelah kita intsall paket pada Termux, selanjutnya adalah inti dari tutorial kali ini, yaitu, Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux. Sebagai contoh, kita akan menyembunyikan aplikasi WhatsApp, biar pacar tidak tau kalau kita sedang WhatsAppan dengan cewe lain, maaf, hanya bercanda.. 😆😆😆

Mari kita ketikkan perintah-perintah berikut ini di aplikasi Termux.

  • pm list packages 

 perintah pm list packages digunakan untuk menunjukkan nama-nama paket aplikasi yang terinstall pada perangkat kita. Karena kita akan menyembunyikan aplikasi WhatsApp, maka kita cari nama paket untuk aplikasi WhatsApp tersebut. Karena banyak sekali nama paket aplikasi yang muncul, kita akan sedikit kesulitan untuk mencarinya. Agar lebih mudah, kita bisa gunakan perintah seperti berikut.

  • pm list packages | grep "whatsapp"

Tanda | di atas bukanlah huruf l atau i, melainkan tanda pipe (|). Kalian bisa cari di keyboard simbol. Kalian bisa mengganti "whatsapp" dengan teks lain yang berkaitan dengan aplikasi yang ingin kalian sembunyikan, misalnya "youtube", "michat" dan lain sebagainya.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Mencari nama paket aplikasi 





Jika sudah, kita copy semua teks setelah kata "package:" , Berhubung aplikasi yang kita cari nama paketnya adalah Whatsapp, maka yang kita copy setelah teks "package:" adalah  teks "com.whatsapp". Setelah di copy, kita bisa langsung menyembunyikan aplikasi WhatsApp dengan perintah

  • pm hide com.whatsapp
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: menyembunyikan aplikasi pada Termux

Dan tadaaa... aplikasi WhatsApp telah hilang dari daftar menu aplikasi kita. lalu bagaimana cara memunculkannya kembali ? Tenang.. pasti kita bahas juga disini.

4. Memunculkan Aplikasi kembali

Masih dalam posisi Termux memiliki hak akses root, jika tidak, silahkan ketik perintah tsu kembali untuk memberikan akses root.

untuk cara memunculkannya, kita hanya perlu mengetikkan perintah

  • pm unhide com.whatsapp 

dan aplikasi Whatsapp akan muncul kembali.

Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Memunculkan kembali aplikasi yang hilang

5. Bonus

Tutorial di atas sangatlah mudah untuk diikuti bagi kalian yang sudah terbiasa menggunakan Termux. Namun akan lumayan membingungkan untuk kalian yang masih awam dengan aplikasi terminal hitam satu ini.

Untuk itu, khusus tutorial ini, saya telah membuatkan shortcut menggunakan bahasa program Python agar kalian tidak perlu mengulang-ulang perintah di atas saat kalian ingin menggunakannya kembali.

  • pkg install tsu python git
  • git clone https://github.com/karjok/hide-app
  • cd hide-app
  • tsu
  • python hide.py
Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux
Gambar: Menyembunyikan aplikasi dengan tool hide-app

Nah, di atas adalah tutorial lengkap mengenai Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux. jika kalian kurang paham, telah saya sertakan juga videonya di bawah.


Saya rasa cukup tutorial kali ini, jika kalian merasa ini bermanfaat, bisa kalian share ke media sosial kalian, atau jika ada kritik dan saran, silahkan berkomentar. see you !

1 Komentar untuk "Cara Menyembunyikan Aplikasi Android Melalui Termux"

  1. This post gave me a lot of information on this topic. Keep it up and keep sharing this type of information with us. Try to explore our services towards digital transformation.

    Advanced Analytics Services

    Data Engineering Services

    Machine Learning (ML) Solutions

    Revenue Analytics Solutions

    BalasHapus
Berkomentarlah dengan bijak. Dan selalu berusahalah memberikan kritik maupun komentar yang bersifat membangun

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan bawah